Rabu, 02 Desember 2015

Pengertian Dampak Peran Ortu dalam Pergaulan Bebas

Sejauh mana pergaulan bebas dimasa sekarang.........


  • Apa si pergaulan bebas itu?? 
Pergaulan bebas iyalah pergaulan antara individu dengan individu yang lain, yang sudah melewati batasan, melewati aturan aturan dan norma norma yang berlaku di budaya timur.  Hal ini disebabkan karena adanya PELANCONG yang datang berbondong bondong ketimur dan juga membawa budayanya ketimur. Dan ditimur sendiri sebenarnya tidaklah cocok diterapkannya.

  • Dampak pergaulan bebas
Pergaulan bebas mungkin tidak ada sisi positifnya dilihat dari namanya saja " pergaulan bebas".  Pergaulan yang artinya proses bergaul dan Bebas artinya lepas dari ikatan.  Segala sesuatu yang mengacu pada pergaulan bebas pasti akan menjadikan hal yang buruk, entah untuk jangka pendek maupun jangka panjang, kecil atau besarnya dari dampak tersebut. Sudah banyak muda mudi bangsa ini yang sudah terkena imbas bergaulan bebas, Muda mudi yang seharusnya sebagai penerus bangsa untuk memperbaiki akan tetapi kenyataannya berbeda.  Contoh dampak pergaulan bebas yang mungkin kita bisa cegah antara lain.

  1. Seks bebas.  Hubungan suami istri yang dijalankan oleh pasangan muda mudi sebelum adanya ikatan pernikahan yang benar benar resmi.  Dalam hubungan ini banyak kemungkinan menimbulkan dan penularan penyakit akibat seringnya melakukan hubungan seks dan bergonta ganti pasangan, penyakit tersebut antara lain salah satunya adalah Sifillis (raja singa) , HIV/AIDS,Kanker Serviks(leher rahim), dan Kanker prostat.
  2. Ketergantungan obat.  Mungkin awal mula hanya sekedar coba coba atau ajakan teman dan lama kelama akan menjadikan ketergantungan, disini disebabkan oleh pikiran kita atau seseorang yang masih labil, seharusnya kita itu bisa memilih teman yang akan membawa kita baik dan mana yang akan membawa kita buruk.  Memang berteman itu boleh sama siapa saja asal tau mana yang baik dan mana yang buruk buat diri kita.
  3. Meningkatnya kriminalitas.  Ketika seseorang yang sudah kecanduan NARKOBA dan disaat itu pula tidak bisa membeli barang HARAM tersebut dan "dianya" juga tidak bekerja, disaat itu pula berfikir bagaimana caranya mendapatkan uang dengan cepat.  Dan akhirnya menjual barang yang "dia" punya bahkan sampai mengambil barang orang lain.


Mungkin diatas adalah sedikit contoh bukti nyata yang kita dengar ataupun kita lihat.


  • Cara Mengatasi Pergaulan bebas.
Dalam mengatasi hal ini mungkin butuh penangan yang extra karena pergaulan bebas ini bisa dilakukan dimana saja tidak hanya di sebuah masyarakat, sekarang banyak tersebarnya vidio anak sekolah yang melakukan seks dan lebih mirisnya lagi masih menggunakan almamater sekolah, itulah salah satu akibat pergaulan bebas yang bukan hanya di masyarakat luas tetapi sudah berada di ruang lingkup sekolah.  Solusi dan Pencegahan pergaulan bebas.
  1. Mengubah Cara Pandang , dengan ini kita dapat mengambil langkah dengan cara berfikir jauh kedepan, apa yang akan timbul kepada diri kita jika kita menjadi pelaku pergaulan bebas tersebut.
  2. Befikir Untuk Diri Kita, kita bisa berfikir seputar kesehatan kita. Penyakit apa saja yang akan timbul jika kita menjadi pelaku pergaulan bebas.
  3. Menanamkan Nilai Agama Kita, disini kita akan berfikir tentang dosa yang kita buat jika kita melakukan pergaulan bebas, dan balasan yang akan kita dapatkan dari Tuhan kita masing masing.
  4. Jujur Kepada Diri sendiri, sudahkah kita membutuhkankan hal seperti itu, kita sebagai anak muda yang erfikiran kedepan.
  5. Massa depan, kita sebagai anak muda pasti mengejar apa yang kita cita citakan sejak kita kecil, cita cita akan hilang jika kita sudah terjerumus dalam lingkup pergaulan bebas, apa anda merelakan semua upaya anda selama ini demi mengejar cita cita yang anda impikan dari kecil hilang dalam sekejap dikarenakan anda salah mengambil langkah.


  • Peran Orang Tua 
Peran orang tualah yang sangat membantu agar anak anak kita kedepanya tidak masuk kedalam lingkup yang membahayakan bagi semua entah dari anak,orang tua,dan keluarga.  Orang tua disini harus pintar pintar menjelaskan dan memberikan masukan masukan kepada anak agar tidak lari kehal ini yang sedang kita bahas.  Ambil contoh " ketika anak bertanya hal yang mengenai pergaulan bebas atau soal tentang kedewasaan" disinilah orang tua harus menjelaskan dengan detail dan akibat dari soal yang ditanyakan, jangan sampai andai sebagai orang tua tidak menjelaskan dan anda sebagai orang tua hanya menjawab hal buruknya saja dan tidak memberikan pengertian.  Lah disini anak akan bertanya kepada orang lain, dan orang lain itu juga menjelaskan sesuatu yang mengakibatkan anak mempunyai keinginan untuk melakukannya.


     Pergaulan bebas hanyalah yang akan membawa kita kejalan yang berduri tajam, tidak akan ada untung bagi mereka yang sampai sekarang melakukan, mungkin dia sedang dihipnotis oleh gemerlapnya dunia ini. Karena dia tidak tau betapa indahnya jika kita saling bergotong royong unutuk membangun negri ini.  Negri yang dulunya, negri yang berlumuran darah hanya untuk membebaskan kita dari orang yang mempunyai niat untuk merampas semua yang ada. Giliran kita generasi muda yang merubah negri ini menjadi negri yang damai, adil, makmur.....



Mungkin haya ini saja yang bisa saya jabarkan, jika ada salah kata yang kurang enak di hati anda sayang minta maaf sebesar besarnya .... 

"Sebaiknya manusia iyalah yang selalu mengikatkan kepada sesama di dalam hal kebaikan"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar