Kamis, 03 Desember 2015

Pentingnya,Pengaruh,dan Peran di Masyarakat dalam Pendidikan

Pendidikan adalah pembelajaran, keterampilan dan kebiasan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui, penelitian atau pelatian.
Pendidikan sering terjadi dibawah asuhan atau pembelajaran orang lain, dan juga bisa secara otodidak (belajar sendiri)

Pentingnya Pendidikian Bagi Kita

Pendidikan merupakan hal terpenting dalam kehidupan kita, ini berarti bahwa setiap  manusia berhak mendapatkan pendidikan yang merata. pendidikan secara umum berarti suatu proses kehidupan dalam mengembangkan diri tiap individu untuk dapat hidup dan melangsungkan kehidupan lebih baik lagi. Pendidikan pertama kali kita dapatkan dari Lingkungan keluarga, disini kita dapat bisa belajar tata cara atau aturan aturan yang ada di keluarga dan masih banyak yang lainnya.  Lingkungan masyarakat, disini kita banyak belajar tentang pentingnya sosialisasi bermasyarat atau jadi masyarakat yang baik.  Lingkungan sekolah, disini kita dapat belajar tentang ilmu ilmu tentang dunia pendidikan yang ada di suatu daerah atau wilayah sendiri.


Pengaruh Pendidikan Untuk Diri Sendiri

Ada beberapa faktor yang mempengaruhi pendidikan untuk diri kita, faktor tersebut antara lain;

  • Memberikan Pengetahuan 
Sebuah efek langsung pendidikan adalah mendapatkan pengetahuan.  Kita dapat mendapatkan pelajaran yang mungkin kita belum mengerti atau tahu tentang dunia sekitar, entah hubungan antara manusia dengan yang lain, stuktur atau bagian bagian MH (Mahluk Hidup), sudut pandang, ilmu verbal atau pun nonverbal lainnya.  Dalam pendidikan tidak ada batasan batasan aslakan masih dalam konteks yang baik dan dapat dipertanggung jawabkan.
  • Untuk Karir/Pekerjaan
Pendidikan disini juga sangatlah berperan dalam sebuah karir/pekerjaan, karena pendidikanlah yang akan mengantarkan kita untuk memeliki skill/keahlian untuk menjadikan kita bisa memdalam sebuah skill/keahlian yang sangat mumpiuni dan bisa diatas orang yang hanya sekedar bisa.  Dengan skill/keahlian kita, kita juga dapat menjual itu dipasar pekerjaan.
  • Membangun Karakter
Kata kata "mengolah" dan "membudayakan" dengan ini sebuah pendidikan juga bisa membantu kita "Mengolah" diri kita dan kita juga akan mengetahui apa yang ada didalam diri kita.  "Membudayakan" dalam bidang ini pendidkan akan mengajarkan kita tentang budaya dari sebuah daerah atau wilayah yang kita tinggali saat ini, mungkin disini kita diajarkan tentang sopan santun.
  • Memberikan pencerahan 
Pendidikan disini akan membuat kita sadar apa yang kita lakukan selama ini benar dan tidaknya.  Menghapuskan keyakinan yang salah dalam pikiran yang ada diri kita, membuat diri kita menjadi lebih baik dan lebih baik lagi dari yang sebelumnya.
  • Membantu Kemajuan Bangsa 
Membantu kemajuan bangsa, disini pastinya kita dapat membuat bangsa yang kita duduki akan menjadi lebih baik dikarenakan pendidikan yang merata.  dikarenakan dengan pendidikanlah bangsa itu bisa memunculkan generasi yang berpotensi untuk membangun bangsa ini.

Peran Pendidikan di Masyarakat

Sebagian besar masyarakat modern memandang lembaga lembaga pendidikan sebagai peran kunci dalam mencapai tujuan sosial.  Pemerintah dan orang tua kita atau anda yang sebagai orang tua pasti akan menyediakan biaya atau anggaran pendidikan yang diperlukan untuk kemajuan sosial dan pembangunan bangsa, untuk mempertahankan nilai nilai tradisional yang berupa nilai nilai luhur.  Disini kita diajarkan bagaimana hidup dimasyarakat antara lain;

  1. Fungsi Sosiali sosialisasi, disini pendidikan diharapkan mampu berperan sebagai proses sosialisai dalam masyarakat bisa berjalan dengan baik.  
  2. Kontro Sosial, sebuah pendidikan disini tentunya sangatlah berperan terhadap cara menanamkan nilai nilai terhadap tatanan tradisional masyarakat harus berfungsi sebagai pelayanan sekolah untuk melakuakan kontrol sosial dan agar diterap kan di kehidupan sehari hari.
  3. Fungsi Pelestarian Budaya, sekolah disamping untuk mempersatukan budaya budaya etnik yang beragam juga harus melestarikan nilia nilai budaya daerah yang masih yang masih layak dipertahankan seperti bahasa daerah, kesenian, dan suatu upaya untuk memberdayagukan sumber daya yang ada di daerah itu sendiri.
       Pendidikan adalah sebuah pembelajaran yang akan kita dapat selama kita masih bisa untuk bersosialisasi kepada orang diluar, pendidikian itu sendiri bisa kita dapatkan dimana saja dan kapan saja karena pendidikan tidak akan mengenal waktu ataupun batasan batasan.  Kita juga harus bisa memilah milah mana yang baik buat kita dalam jangka waktu sekarang atau kedepan. 

JADILAH GENERASI YANG SENANTIASA BERUSAHA UNTUK JADIKAN BANGSA KITA LEBIH BAIK LAGI

SEKIAN........

Tidak ada komentar:

Posting Komentar