Sabtu, 05 Desember 2015

Pola Makan Yang Baik


   



       Apa si Pola Makan itu?, pola mkaan adalah cara yang ditempuh seseorang atau kelompok orang  untuk memilih makan dan mengonsumsinya sebagai reaksi terhadap fisilogis, psikologis,budaya, dan sosial.
Pola makan dapat dibagi menjadi 3 komponen penting yaitu;

  1. Jenis
  2. Frekuensi
  3. Jumlah
          Pola makan yang berbeda dengan pola makan, kebiasaan makan sifatnya sangat personal.  Anda mungkin memiliki kebiasaan makan makanan pokok dalam bentuk nasi, tetapi juga jagung yang menjadikan pola makanan pokok dalam kehidupan seharinya.  Setiap orang pasti memiliki kebiasaan yang berbeda-beda pastinya, baik dari segi jenis, frekuensi, dan jumlah.  

Pola Makan Yang Baik 

           Terkait dengan pola makan yang baik bagi tubuh, sebaiknya dilakukan 3x dalam sehari yaitu sarapan pagi, makan siang dan makan sore.  Terkait dengan posisi penting dalam hal asupan makanan, setelah melakukan istirahat pada malam hari diperlukan suplay energi yang cukup dalam memulai aktivitas lagi di pagi harinya, maka dari itulah sarapan pagi sangatlah penting unutuk memberikan tenaga unutuk menjalankan aktivitas pada pagi hari sampai siang hari.  Sedangkan makan disore hari adalah hanya unutuk mengganjal perut agar tidak meraskan klaparan saat tidur dimalam hari.  
          Pola makan yang baik juga harus meperhatikan gizi cukup dan seimbang, jangan banyak lemak dan manis,dan jangan makan terlalu kenyang.  Perbanyaklah makan sayur dan buah-buahan, coba atur pola makanan yang anda makan dengan komposisi karbohidrat 50%, lemak 10%, protein 30%,dan minerail 10%. 







Tidak ada komentar:

Posting Komentar